Selasa, 15 Agustus 2017

Tips Membuat Briket Serbuk Kayu Dengan Mudah


Image result for Tips Membuat Briket Serbuk Kayu Dengan Mudah

Selama ini kayu yang sudah rapuh karena dimakan usia dan rayap banyak menyebabkan masalah dalam perlakuannya yang sampai kini dilewatkan membusuk, ditumpuk dan dibakar yang kesemuanya beresiko negatif pada lingkungan. Namun, untuk mereka yang kreatif kayu yang telah tua dan dikonsumsi rayap dapat dihancurkan dan di ambil serbuk kayu nya, serbuk kayu dapat dibuat sekali lagi jadi briket serbuk kayu. Cara buat briket serbuk kayu ini cukup mudah terlebih serbuk kayu mudah terbakar. Briket serbuk kayu ini dapat dipakai untuk memasak dalam keperluan keseharian. Briket serbuk kayu yang terbuat dari limbah gergaji kayu ini memiliki harga yang tambah lebih murah daripada briket batubara.

Jika dibanding dengan pemakaian gas alam dan minyak tanah, briket dari serbuk kayu tambah lebih efisien dan tentunya dapat kurangi pengeluaran rumah tangga keseharian. Mau tahu bagaimana cara membuat mainan dari kayu bekas? berikut cara buat briket dari serbuk kayu.

Perlengkapan :
  • Ayakan ukuran lolos 50 mesh dan 70 mesh
  • Cetakan briket
  • Oven 
Bahan :
  • Kayu yang telah dibuat jadi serbuk kayu memakai mesin penghancur kayu
  • Tempurung kelapa
  • Lem kanji
cara membuat mainan sederhana yang menarik :

1. Pengarangan 
Kayu yang masih tetap utuh lalu di leburkan memakai mesin penghancur kayu untuk di ambil serbuknya dan tempurung kelapa di buat arang dengan pengarangan manual (dibakar).

2. Pengayakan 
Pengayakan maksud untuk hasilkan arang serbuk kayu dan tempurung kelapa yang lembut dan halus. Arang serbuk gergaji diayak dengan saringan ukuran kelolosan 50 mesh dan arang tempurung kelapa dengan ukuran 70 mesh.

3. Pencampuran media 
Arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang sudah disaring setelah itu digabung dengan perbandingan arang serbuk gergaji 90 persen dan arang tempurung kelapa 10 persen. Ketika pencampuran ditambah dengan lem kanji sejumlah 2, 5 persen dari semua kombinasi arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa.

4. Pencetakan Briket Arang 
Setelah beberapa bahan itu digabung dengan rata, setelah itu dimasukkan kedalam cetakan briket dan ditempa.

Untuk yang dapat membuat serbuk kayu ini jadi briket pun tentunya juga akan menghadirkan keuntungan sendiri untuk kamu, karena juga akan tingkatkan omzet penjualan kamu. Kamu dapat meningkatkan bisnis briket serbuk kayu ini sampai jadi salah satu bentuk industri yang besar sekali lagi. Demikian cara buat briket serbuk kayu, selamat coba.

0 komentar:

Posting Komentar